Skip to main content

Rekomendasi Outfit Hijab Syari'i Buat Traveling

Karena traveling adalah salah satu cara untuk bersyukur, maka segala syariat yang berlaku, jangan sampai diabaikan ya. Mau traveling kemana pun, apa yang sudah menjadi aturan dalam Islam, ya harus dipatuhi. Salah satu contohnya ya dalam hal berpakaian. Bagi seorang muslimah, menutup aurat itu wajib, no debat. Karena perintahnya langsung datang dari Allah. Jadi, ketika traveling pun ya tetap harus rapih menutup aurat.

Outfit Hijab Syar'i buat Traveling

Sekarang mah, outfit buat para muslimah itu sudah banyak banget macamnya. Stylenya juga cakep-cakep dan up to date. Pilihan outfit yang beragam, harusnya ngga bikin bingung mau pakai apa ketika traveling. Oh iya, mix and match juga bisa banget dilakukan, agar kita bisa pakai pakaian yang memang sudah kita miliki. Maksudnya, ngga perlu beli baju baru hanya untuk traveling. Kecuali, kalau travelingnya ke tempat dingin bersalju dan kita belum punya coat, ya boleh lah beli. Beli pun ngga harus baru ya. Karena ada loh, yang jual coat preloved dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Barang yang Harus Dibawa Saat Traveling 

Oke, balik ke outfit saat traveling. Sebenarnya, outfit yang kita siapkan dan bawa saat traveling, tergantung dari style kita. Tapi, buat yang stylenya simple kaya saya, saya mau kasih rekomendasi outfit hijab buat traveling. Karena saya pakainya hijab syar'i, jadi yang saya rekomendasikan adalah outfit syar'i ya. 

1. Gamis Bisa Tetap Manis 

Ini outfit yang sebenarnya simple loh. Buat yang ngga suka sih, pasti bilangnya ribet pakai gamis karena katanya ngga bebas bergerak. Hmm, statement yang salah banget. Karena kalau kita bisa pilih gamis yang pas dengan cutting yang simple, pakai gamis bakal lebih nyaman. Kan sekarang banyak tuh, gamis dengan cutting loose seperti abaya, yang didesain senyaman mungkin buat traveling. 

Outfit Hijab Syar'i
Outfit ala Fitri Aulia (source : Fitri Aulia)

Salah satu muslimah dengan referensi outfit syar'i yang saya suka banget itu Fitri Aulia. Bisa coba lihat di akun Instagramnya aja deh. Stylenya dia tuh manis, elegan, tapi simple. Kayanya hampir ngga pernah lihat Fitri Aulia pakai outfit celana panjang, even itu kulot ketika posting OOTD nya. 

Jadi, gamis bisa jadi pilihan outfit ketika traveling. Pilih gamis dengan bahan yang ringan, seperti bahan crinkle airflow yang anti kusut dan ironless, katun adem yang menyerap keringat, atau bahan kaos yang lebih ringan dan adem. 

2. Two Piece Untuk Look Lebih Stylish

Two piece di sini maksudnya, outfit yang terdiri dari atasan dan bawahan. Untuk traveling, kita bisa coba mix and match tunik dengan rok. Tunik pas banget buat outfit hijab syari'i karena biasanya, dibuat longgar dan panjang. Style two piece ini style yang saya banget. Selain pakai gamis, style two piece ini jadi andalan saya ketika traveling. 

Outfit Hijab Syar'i buat Traveling

Untuk mix and match nya, bisa padukan tunik dengan rok. Lebih cute kalau pakai rok plisket. Selain bikin tampilan jadi manis banget, rok plisket ini anti kusut. Beneran deh, kalau traveling itu kudu bawa outfit yang anti kusut. Karena, males banget ngga sih kalau traveling segala bawa setrikaan. Iya sih, memang ada setrika portable, tapi kaya berat-beratin bawaan gitu kan. 

Selain dimix dengan rok plisket, tunik juga bisa dimix dengan kulot. Kulot ini celana panjang berpipa besar. Jadi lebih nyaman buat yang biasa pakai outfit hijab syar'i. Ngga membentuk lekuk tubuh karena tipe outfit yang longgar. 

3. Outer to The Rescue 

Buat saya, outer itu kaya penyelamat outfit. Outfit yang tampak biasa, ketika dipadu padankan sama outer, langsung berubah jadi lebih stylish. Ketika traveling pun, saya selalu menyelipkan satu outer dalam koper atau ransel. Outer ada yang tanpa lengan, ada yang raglan, ada juga yang lengan panjang. Ada long outer yang panjang seperti gamis, ada juga yang pendek. Outer atau yang biasa disebut dengan luaran ini, biasa dipakai bertumpuk dengan outfit lain. 

Kalau kita pakai gamis polos, bisa ditumpuk dengan outer bermotif supaya lebih stylish. Bisa juga kebalikannya, Kalau pakai outfit bermotif dan mau pakai outer, bisa pilih outer yang polos. Aduh, pokoknya cakep banget deh kalau outfit traveling yang kita pakai ditambah dengan outer. 

Salah satu local brand yang outfitnya kece-kece dan saya suka banget itu Sovlo. Bukan iklan loh ya dan saya pun ngga dibayar juga. Honest review karena memang terbukti best seller outer-outernya Sovlo. Outernya tipe yang meriah karena ada ilustrasi dari ilustrator lokal. Stylenya ada yang oversized dan ada yang kimono. Coba aja cuss ke social medianya Sovlo ya. 

4. Jilbab Anti Badai 

Item paling penting ini ngga boleh skip dong ya. Untuk traveling, pilih jilbab dengan bahan anti kusut. Sekarang tuh ada loh bahan hijab yang ironless, bahkan ngga lecek sama sekali walau sudah diuwel-uwel. Bahkan, local brand Restu Anggraini punya produk hijab yang anti air. Jadi kalau kena air itu, sama sekali ngga basah. Nah, kalau buat traveling cocok banget tuh. Walau keringatan, tapi jilbab ngga basah sama sekali. 

Untuk traveling, memang better pilih hijab yang ngga gampang kusut. Salah satu jenis bahan hijab yang anti kusut adalah bubble crepe. Tapi ya itu kembali ke selera juga ya. Jilbab berbahan voal premium adem dan nyaman buat dipakai, bisa jadi pilihan. Ditambah, jenis voal ini adalah jenis bahan yang gampang dibentuk dan no mleyot-mleyot club. 

Kalau untuk motif bisa disesuaikan dengan outfit yang kita bawa. Kalau saya sendiri biasanya disesuaikan dengan warna outfitnya. Kalau mau aman, ya bawa hijab dengan warna netral sekalian. Oh iya, jangan sampai lupa untuk selalu pakai ciput sebelum memakai hijab. Ciput bisa membuat tampilan hijab jadi lebih rapih. Mencegah rambut nongol, karena fungsi hijab kan untuk menutupi rambut yang jadi aurat seorang muslimah. 

Baca Yang Perlu Disipakan Untuk Traveling ke Negara Non Muslim

Itu dia rekomendasi outfit hijab syar'i untuk traveling yang bisa saya share. Sebenarnya, ada banyak sekali muslimah yang bisa kita contek outfitnya saat traveling. Yang penting, outfit yang digunakan sesuai dengan syariat ya. Jangan menampakkan lekukan, jangan menerawang hingga yang seharusnya ditutup malah terlihat, dan pakai hijab yang menutup dada bukan hijab 'bunuh diri'. 

Seperti lirik lagu Jilbab Traveller karya Asma Nadia 'Jilbab bukan pembatas mimpi'.. Jadi, yuk para muslimah, jangan takut untuk berkelana keliling dunia. Sempatkan, sekali seumur hidup melihat sisi bumi Allah yang lain. Dengan begitu, akan lebih banyak syukur yang terucap.




Comments

Most Wanted