Skip to main content

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menginap di Hotel

Menginap di hotel seringkali jadi salah satu alasan buat refreshing. Ya cuma pindah tempat tidur aja sih sebenernya. Tapi, vibesnya tentu beda kan ya. Kalau tidur di hotel tuh, ngga perlu mikirin beresin kasur, beberes kamar, dan lain-lain. Saya pun senang aja kalau bisa staycation di hotel, walau kudu bareng anak sih.

Tidak boleh dilakukan di Hotel

Setelah saya menulis tentang hal yang boleh dilakukan saat menginap di hotel, kali ini saya bakal nulis tentang apa yang tidak boleh dilakukan saat menginap di hotel.

Baca Hal Yang Boleh Dilakuan Saat Menginap di Hotel

Walau sebenarnya sudah ada aturan tertulisnya, kadang masih ada sih yang melanggar. Kadang bingung deh sama mereka yang melanggar aturan, kok bisa gitu, padahal sudah jelas aturannya. Kamu, jangan ya dek ya, jangan. Jangan melanggar aturan kalau menginap di hotel.

Langsung aja ya, berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menginap di hotel :

1. Merokok di Dalam Kamar

Merokok di dalam kamar hotel akan memicu terdeteksinya asap. Alarm akan berbunyi dan itu pastinya bakal mengganggu tamu lain. Lagian, kamar nantinya bakal bau asap  dan jadinya bikin ngga nyaman. Kalau memang ngebet banget pengen merokok, cari aja spot merokok yang mungkin disediakan oleh pihak hotel.

Kalau nekat merokok di kamar dan ketahuan, bakal kena denda oleh pihak hotel. Nominalnya bisa jadi sangat besar.

2. Membawa Amenities Pulang

Amenities yang bisa dibawa pulang seperti toiletries. Namun, ada juga yang tidak bisa dibawa pulang, seperti handuk, bathrobe, hairdryer, gelas, teko listrik, dan barang-barang besar lainnya. 

Jangan nekat ya! Karena kalau sampai ketahuan membawa barang-barang hotel, dendanya bisa sangat besar. Jadi ingat turis India yang membawa pulang semua barang di kamar hotel. Eh akhirnya ketahuan dan kena denda besar banget.

3. Membawa hewan peliharaan 

No ya! Kecuali kalau kamu menginap di hotel pet friendly, dimana pihak hotel menyediakan spot khusus buat anak bulu.

Membawa hewan peliharaan, bisa merusak barang-barang yang ada di dalam hotel. Selain itu, bisa bikin ngga nyaman mereka yang akan menginap di kamar itu. Bakal ada bulu-bulu yang tertinggal. Kamar juga bisa berpotensi jadi bau karena kotoran si anak bulu.

4. Mengambil makanan dan minuman di mini bar

Kalau menginap di kamar yang ada fasilitas kulkas, biasanya di dalamnya suka diisi dengan cemilan dan minuman. Itu tidak gratis ya. Biasanya sudah ada catatan harga makanan dan minuman yang ada di dalam minibar. 

Kalau makanan dan minuman itu adalah complimentary, pihak hotel akan memberi  keterangan. Jadi, kalau bukan complimentary, berarti harus bayar. Jangan menganggap pihak hotel ngga akan tahu. Karena sebelum check out biasanya petugas akan memeriksa kondisi kamar. Jika dinyatakan aman, maka kita boleh meninggalkan hotel. Kalau ada yang mencurigakan, ya tinggal tunggu pertanggungjawaban aja.

5. Membawa alat masak

Lagian mau nginep atau kemping sih segala bawa alat masak :p Hotel melarang tamunya membawa alat masak seperti kompor, pan, dan yang lainnya. Alasannya, karena berbahaya dan rentan terjadi kebakaran. Asap yang ditimbulkan juga bisa memicu alarm. 

Api yang dihasilkan dari alat masak itu bisa berpotensi merambat dan akhirnya menimbulkan kebakaran. Berbahaya bagi si tamu itu sendiri, tamu lain, dan yang pasti bisa menimbulkan kerugian bagi pihak hotel. Kalau sampai itu terjadi, malah bisa diperkarakan dan jadi berhubungan sama pihak berwajib. Ngeri.

6. Meninggalkan barang berharga di kamar 

Jangan meninggalkan barang-barang berharga di kamar hotel, ketika keluar kamar. Seperti handphone, dompet, kartu identitas, dan yang lainnya. Karena, semua kehilangan yang terjadi, diluar tanggungjawab pihak hotel. Kalau ada barang berharga yang hilang, ya risiko ditanggung sendiri.

Jadi, baiknya tiap kali meninggalkan kamar, bawa semua barang berharga yang dimiliki. Jangan sampai membiarkan di kamar, karena apes itu ngga ada tanggalnya. Bisa terjadi kapan aja.

7. Berisik dan membuat gaduh 

Suka ada kan yang menginap rombongan, lalu mereka ngumpul di salah satu kamar. Berisik secara sengaja saat menginap di hotel itu sungguh mengganggu. Tamu lain juga akan merasa risih dan terganggu. 

Hotel kan sebenarnya didesain sebagai tempat istirahat. Jadi, kalau berisik dan gaduh, gimana bisa istirahat ya kan. Hormati orang lain dan pakai adab ya.

Baca Review Hotel Avenue J Hotel Kuala Lumpur 

Nah, sudah tahu ya apa aja yang ngga boleh dilakukan saat menginap di hotel. Ya sebenarnya masih ada yang lainnya, hanya saja 7 point yang saya tulis merupakan yang sangat perlu jadi perhatian.

Walau sudah ada aturannya, terkadang masih ada aja loh tamu yang melanggar. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, pastinya bisa merugikan pihak hotel dan bisa juga tamu yang lain.

Semoga dimana pun menginapnya, kita bisa mematuhi apa-apa saja aturan yang berlaku ya. Dengan begitu, menginap di hotel jadi lebih menenangkan.


Comments

Most Wanted