Skip to main content

Arunika Eatery Kuningan, Menikmati Sajian di Antara Keindahan Gunung Ciremai

Tercapai sudah keinginan ke Arunika, Kuningan. Sejak tau kalau di Kuningan ada Arunika, resto dengan view yang Masya Allah indah, sudah planning bakal ke sana saat nanti ke Kuningan lagi. Orang Indonesia, terutama kaum urban, yang sehari-hari cuma lihat gedung dan ngerasain polusi, berkunjung ke spot yang adem, tentu jadi hal yang menyenangkan. 

Arunika Eatery Kuningan

Makanya kalau lagi pas nengokin anak di Pondok, selalu ada aja agenda main kemana gitu. Nah akhir bulan lalu, saat berkunjung ke Kuningan buat nengokin anak-anak, saya langsung ajak mereka keluar buat makan di Arunika. Jarak dari pesantren anak-anak ke Arunika itu kira-kira 14 km. Tapi, karena ada jalan baru yang bagus dan sudah bisa dilewati, berasa cepat aja sampainya.

Jalan menuju Arunika itu menanjak. Karena memang lokasinya berada di kaki gunung Ciremai. Searah dengan wisata alam Palutungan yang juga memiliki camping ground. Santri dari pesantren tempat anak saya mondok, sering camping di sana.

Arunika, Makan Dapat Bonus View Gunung Ciremai 

Salah satu daya tarik Arunika adalah view gunung Ciremai yang Masya Allah Tabarakallah, indah banget. Kalau cuaca cerah, gunung Ciremai terlihat jelas sekali. Tapi kadang suka tertutup kabut juga sih.

Arunika Eatery Kuningan

Arunika Eatery Kuningan

Saat sampai di Arunika, parkiran padat sekali. Tapi karena kepengen banget, jadinya tetap masuk. Di pintu masuk, ada petugas yang langsung kasih info kalau kami masuk waiting list. Penuh. Jadi memang harus nunggu dulu. Kami diberikan alat yang kalau seat untuk kami sudah tersedia, maka alatnya bakal bunyi. Ngga sampai 20 menit, kami pun kebagian tempat.

Saat saya masuk ke area makan yang hampir semuanya outdoor, saya sempat bingung. Kok, bangunan seperti rumah yang jadi ikonnya Arunika jauh sekali. Kelihatan, tapi jauh di atas. Setelah nanya-nanya, ternyata Arunika yang saya datangi ini adalah Arunika Eatery. Sedangkan, yang ada rumahnya itu Joglo Arunika. Keduanya terpisah. Jadi kalau mau ke Joglo Arunika, masih harus ke atas lagi. Dan, ngga ada jalan pintas atau jalan tembus antara Arunika Eatery dan Joglo Arunika.

Ya sudahlah, ga papa. Di Arunika Eatery pun enak banget tempatnya. Viewnya tetap bagus, tetap jelas berhadapan dengan gunung Ciremai. Saya, suami, dan anak-anak benar-benar menikmati suasana di Arunika.

Pesan Apa? 

Menu di Arunika Eatery Kuningan ini beragam. Mulai dari menu tradisional, Japanese, dan Western. Alhamdulillah, anak-anak ngga pernah picky kalau soal makanan. Jadi mau diajak makan dimanapun, ya hayuk aja mereka mah.

Di Arunika Eatery ini saya pesan beberapa menu buat anak-anak, diantaranya:

  • Nasi Udang Telur Asin (35k)
  • Ramen Soyu (30k)
  • Arunika Matah Noodle (20k)
  • Nasi Sop Ayam (37k)
  • Bala-Bala Banjur (20k)
  • Singkong Keju (20k)
  • Bola-Bola Ubi (15k)
  • Kopi Susu Arunika (22k)
  • Choco Malt (20k)
  • Choco Caramel Almond (20k)
  • Hot Americano (20k)
  • Ice Tea (14k)
Arunika Eatery Kuningan

Arunika Eatery Kuningan

Saya sama suami ngga ikutan makan berat, karena sudah makan duluan. Jadi buat saya dan suami, ya pesan cemilan aja. Penasaran sama Bala-Bala Banjur ala Arunika ini. Saya bayanginnya kaya bala-bala Imah Babaturan yang aduh lah enak bener. Ketika diantar, wah ternyata bukan pakai sambal kacang, tapi sambal cabe yang dicampur sama kencur. Berasa lagi makan seblak karena wangi kencur. Tapi, bala-balanya enak euy. Sayurannya banyak, garing, gurih, dicocol sama sambalnya, mantap.

Untuk menu lain, semuanya enak. Nasi udang telur asin pesanan Abang dan menurut Abang sih enak. Arunika Matah Noodle, pesanan kakak dan menurut kakak juga enak. Nasi Sop Ayam pesanan Aa tapi saya ikut nyicipin, ternyata enak juga. Kuah sop nya merah yang awalnya saya kira pedas. Ternyata ngga pedas, enak, manis asam karena terlihat banyak tomatnya.

Ramen Shoyu pesanan Cici, menurut Cici juga enak. Untuk kudapan Bola-Bola Ubi yang kami pesan, rasanya cukup unik. Dibuat dari ubi ungu yang sepertinya ditambah dengan tepung. Lalu diberikan sedikit saus gula merah dan santan.

Arunika Eatery Kuningan

Kopi susu Arunika, ternyata enak dan sesuai sama taste yang saya suka. Mana ukurannya juga lumayan besar. Puas minumnya. Saya sampai beli yang versi botol buat dibawa pulang. Ukuran 250 ml, harganya 25k aja.

Fasilitas 

Area makannya ada yang berupa saung, meja kursi biasa, dan lesehan. Untuk yang lesehan, dibuat ala ala piknik gitu loh. Ada keranjang segala yang bisa jadi properti foto. Gemes banget. Sayangnya, saya ngga sempet foto area lesehannya.

Arunika Eatery Kuningan

Untuk toilet ngga terlalu banyak, tapi cukup bersih. Ada mushola yang bisa digunakan dan cukup bersih juga.

Para waitress yang ada di Arunika Eatery Kuningan ini gercep semua. Makanan pesanan saya aja ngga sampai 30 menit, udah beres diantar ke meja kami.

Rating 


Resto-resto yang berada di kaki gunung, memang menjual view. Karena tahu kalau banyak orang yang suka, makan sambil memandangi pemandangan yang indah, seperti pegunungan.

Arunika Eatery Kuningan

Karena viewnya yang indah, sampai setiap weekend, resto in selalu penuh. Kalau mau agak longgar, bisa ke Arunika saat weekday.

Untuk Arunika Eatery Kuningan ini, saya kasih rate 4.5/ 5 Puas banget dan ngga menu tuh enak-enak semua. Soal harga,  bisa dilihat di foto menu yang saya share di atas. Sangat affordable ngga nguras kantong.

Next time ke Kuningan lagi, mau nyobain ke Joglo Arunika dan sajian-sajian enak yang berbeda dari Arunika Eatery.




📍Arunika Eatery 
Jl. Cigugur-Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552

Comments

Most Wanted