Skip to main content

5 Makanan Padang Favorit, Penggugah Selera

Sebagai orang Minang, saya bangga loh karena Rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Rendang, makanan asli Indonesia, otentik dari Sumatera Barat. Proses memasak rendang juga cukup lama, hingga bisa menghasilkan rendang yang enak. 

Makanan Padang

Dan ngobrolin soal makanan Padang, saya mau share 5 makanan Padang yang jadi favorit dan menggugah selera. Sebenarnya sih banyak makanan Padang yang enak dan jadi favorit saya. Hanya, kebanyakan aja sih kalau harus ditulis semuanya. 

1. Dendeng Balado

Dari mamah saya tahu, kalau ternyata dendeng balado ini ada jenis, yang basah dan kering. Kalau yang basah, lebih dikenal dengan dendeng batokok. Keduanya sama-sama enak dan bikin nafsu makan jadi meningkat. 

Untuk baladonya, diulek kasar dengan campuran cabai merah keriting dan cabai merah besar. Dendeng balado buatan mamah, menurut saya yang terbaik. Karena masakan ibu, memang selalu yang terbaik kan ya.

2. Ikan Asam Padeh

Padeh dalam bahas minang, diartikan dengan  'Pedas'. Jadi kalau diartikan, ikan asem padeh itu adalah ikan asam pedas. Yang satu ini juga ngga kalah enak. Bahan utamanya, ikan tongkol basah. Menurut saya ya ikan tongkol yang pas dibuat asam padeh. Walau sebenarnya ya bisa aja kalau mau diganti jenis ikannya, seperti tuna misalnya.

Ikan asam padeh ini bisa bikin makan jadi nambah terus. Rasanya gurih, pedas, dan asam. Asamnya berasal dari asam kandis yanh diseduh dengan air hangat.

3. Telur Barendo 

Untuk menu yang satu ini, hanya bisa saya nikmati di resto Padang kaya Payakumbuah dan Minang Gadang. Telur barendo (berenda) ini full banget. Rasanya enak dan crispy di luar, lembut di dalam.

Ada teknik khusus supaya telur barendo itu bisa cantik banget tampilannya. Salah satu tekniknya adalah menggunakan minyak yang banyak dan dalam kondisi panas. Saya suka banget deh sama telur barendo ini. Pas di lidah saya, makanya pakai nasi hangat. Aduh, nikmat.


4. Gulai Nangka 

Gulai nangka menggunakan nangka muda, lalu diolah dengan bumbu khas. Gulai nangka jadi sayur yang wajib ada juga ya kalau beli nasi Padang. Karena memang ciri ciri khasnya begitu.

Tiap kali mamah bikin gulai nangka, saya happy banget karena bisa makan banyak-banyak. Memang bikin nafsu makan jadi meningkat deh. Rasa gulai nangka bikinan mamah juga khas banget, enak. 

5. Rendang 


Kalau di rumah mamah, tiap kali hari raya, menu rendang ini harus selalu ada. Walau ya bisa aja sih masak rendang selain hari raya. Cuma kaya momennya kurang aja sih. Rendang mamah tipe rendang yang cokelat pekat kehitaman. 

Selain daging, rendang  suka dicampur dengan kentang yang kecil-kecil, bukan yang gede. Makanya, kentang kecil-kecil itu biasa disebut kentang rendang. 


Itulah 5 makanan Padang favorit yang bisa menggugah selera makan. Semuanya enak, semuanya bisa bikin nambah nasi berkali-kali. Dari sekian banyak makanan Padang, kalau kamu suka yang mana aja? 

Comments

Most Wanted