Skip to main content

Menikmati Menu Rumahan ala Imah Babaturan Bandung

Setelah sebelumnya makan malam di Bakso So'un Lodaya, malam berikutnya, saya bareng teman-teman memilih Imah Babaturan buat dinner. Finally, kesampaian juga ke Imah Babaturan lagi. Kebayang-bayang cumi cabe hijaunya yang endeus.

Warung Imah Babaturan Bandung

Kunjungan pertama ke Imah Babaturan itu yang di Kebon Bibit. Nah, Imah Babaturan punya warung kedua di Tamansari. Saya dan teman-teman datangnya ke Imah Babaturan Tamansari which is warung keduanya. Lokasinya ngga begitu jauh dari Imah Babaturan pertama. Dekat dengan ITB juga. Sayangnya, ngga ada petunjuk kaya papan nama warungnya. Jadi saat itu sempat bolak balik saking ngga keliatan. Please lah, dipasangin papan nama ya teh Anggi, biar ngga pada nyasar gitu ;) 

Imah Babaturan yang di Tamansari ini lebih luas, ada area parkir yang cukup luas juga. Kalau yang di Kebon Bibit, parkirnya cuma di pinggir-pinggir jalan aja. Agak sempit pula.

Menu Rumahan Imah Babaturan, Bikin Kangen

Karena saya mengikuti akun Instagram Imah Babaturan, jadi ya cukup update lah soal menu yang ada di sana. Termasuk suasana warung, promo, dan ada apa aja di Imah Babaturan. Seru sih ngikutin akun mereka. Suka ada konten komedi juga hahaha.

Oh iya, termasuk soal kerupuk. Jadi, di Imah Babaturan ada 2 warna kaleng kerupuk. Yang warna hijau, kerupuknya kecil, bisa diambil gratis sesuka hati. Sekaleng-kalengnya juga boleh, eh ngga deng. Mau ambil sekaleng kalo emang bisa kemakan semua ya silakan aja. Kalau ngga malu aja sih itu mah. Nah, kalo yang di kaleng warna biru, kerupuknya harus bayar. Tapi di Imah Babaturan Tamansari, saya ngga liat kaleng kerupuk warna biru. 

Buat yang biasa makan harus ada kerupuk, wah, enak banget. Puas lah makan kerupuknya. Gratis sampe perih tuh mulut.

Menu andalan Imah Babaturan yang paling banyak dicari orang itu cumi cabe hijau. Entah kenapa rasanya enak banget. Cuminya empuk, sambalnya mantap, pas gitu. Porsinya juga cukup banyak. Jadi kan, nasi cumi cabe hijau itu paket. Tapi, saya selalu ordernya dipisah. Karena, porsi cumi cabe hijaunya lebih banyak kalau dipisah sama nasi. Jadi si cumi cabe hijaunya bisa dimakan berdua deh.

Imah Babaturan Bandung

Husna pesen cumi cabe hijau dengan nasi terpisah. Kalau saya, lagi pengen makan yang hangat berkuah, jadi saya pesan soto betawi. Sedangkan suami, pesan tongseng kambing. Kalau Khal, pesan nasi goreng ayam kampung yang ngga pedas.

Saya juga pesan bakwan sambal kacang, pisang goreng, dan singkong goreng. Seriously, bakwan sambal kacangnya juara. Enak banget, pusing lah pokoknya. Tipe bakwan yang garing di luar, lembut di dalam. Renyah, gurih, dan bukan tepung doang. Sayurannya banyak. Dimakan anget-anget, dicocol sambal kacang. Masya Allah Tabarakallah.

Imah Babaturan Bandung

Untuk soto betawi, kondimennya banyak. Ada paru, daging, kentang, tomat, emping, daun bawang. Bumbunya berasa dan kuahnya gurih. Enak. Cuma saya ngga sanggup menghabiskan semangkok soto betawi. Akhirnya yang menghabiskan adalah penampungan a.k.a suami :P

Kalau tongseng kambingnya, suami approved. Katanya enak dan porsinya lumayan banyak. Karena saya ngga suka daging kambing, jadinya saya ngga nyobain sama sekali. Sedangkan nasi goreng ayam kampungnya, lumayan bisa diterima lidah Khal dan si bayi. 

Fasilitas 

Area makan di Imah Babaturan ini cukup banyak. Ada indoor dan outdoor (buat yang merokok) juga. Warungnya ada vibes tenang, nyaman, tapi hangat gitu loh. Kaya lagi bertamu ke rumah teman aja, sesuai namanya, Imah Babaturan ;) 

Meja kursinya tuh digambar-gambar gitu. Lucu. Kalo kata Khal, waktu pertama lihat meja kursi yang kaya dicoret-coret itu 'bunda, ini meja sama bangkunya kotor' wkwkwk. Karena saya sudah tahu kenapa bangku dan mejanya dicoret-coret, jadi ya saya jelaskan aja kalau itu 'seni' biar cakep.

Imah Babaturan Tamansari Bandung

Salah satu sudut yang paling menarik, lemari yang dipenuhi oleh botol-botol kecap dari berbagai daerah di Indonesia. Kok ya kepikiran aja buat naro botol kecap se lemari gitu. Sampai dibuat terpesona, karena ternyata banyak banget brand kecap lokal dari industri rumahan, yang ada di seluruh Indonesia.

Ada banyak alat main buat anak-anak yang bisa digunakan. Khal sama Eyza aja sampai anteng dikasih mainan. Membantu banget bagi mereka yang bawa anak ke Imah Babaturan. Biar anaknya ngga boring, ambilin mainan aja.

The last, ada mushola dong. Sama kaya di Imah Babaturan 1. Cuma area shalatnya masih lebih bagus di Imah Babaturan 1. Toilet juga ada, dan lagi-lagi, masih lebih bagus di Imah Babaturan 1.

Rating 

Saya kasih 4.8/5 buat Imah Babaturan 2 ini. Makanannya enak, suasana warungnya pun enak. Lebih luas, bersih, dan nyaman. Jadi kalau makannya rombongan, better ke Imah Babaturan Tamansari.

Kalau kamu lagi main ke Bandung, wajib banget sih mampir ke Warung Imah Babaturan (WIB). Nyobain menu Rumahan yang enak-enak. Plus menu mingguan yang ngga kalah enaknya.



📍Imah Babaturan 2

Jl. Tamansari No.51a, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40116


Comments

Most Wanted