Skip to main content

[Hotel Review] Hotel Serela Merdeka Bandung, Strategis dan Dekat dengan Pusat Kota

Bandung lagi. Ngga cuma saya yang happy tiap kali ada kesempatan ke Bandung. Tapi, anak-anak juga ngga kalah excited. Ke Bandung kali ini, kami berangkat selepas shalat Isya. Lebih santai dan anak-anak juga bisa sambil istirahat. Jalanan lebih lengang dan ngga sampai 2 jam perjalanan, sudah sampai Bandung.

Hotel Serela Merdeka Bandung

Karena lokasi kerja berada di pusat kota, jadi buat pemilihan penginapan juga ngga jauh dari lokasi kerja. Saya menginap di Hotel Serela Merdeka Bandung. Hotel ini termasuk dalam jajaran hotel di Kagum Hospitality. Selain Serela, saya juga pernah menginap di salah satu hotel dari Kagum, yaitu Banana Inn yang berada dekat sekali dengan Gegerkalong.

Hotel Serela Merdeka Bandung ini, lokasinya ngga begitu jauh dari pintu gerbang tol Pasteur. Lokasinya dekat sama Bandung Indah Plaza, Universitas Pasundan, ITB, dan kalau mau ke Dago pun ngga terlalu jauh.

Baca Banana Inn, Bandung  

Kamar 

Saya dapat kamar tipe superior double. Kamarnya ngga terlalu besar, tapi bersih dan nyaman. AC berfungsi baik dan dingin. Toilet seperti hotel pada umumnya, terletak di bagian depan. Jarang sih memang kalau hotel, kamar mandinya ada di bagian belakang. Karena memang, sudah seperti mandatory atau apa ya, SOP gitu kali ya.

Hotel Serela Merdeka Bandung

Tadinya mau request minta yang twin bed, tapi sepertinya sudah ngga tersedia. Ketika saya menginap, kondisi hotel sedang full booked banget. Ramai. Padahal hotelnya ya ngga besar-besar banget, tapi ramai banget yang menginap di hotel Serela Merdeka ini.

Dapat posisi kamar yang viewnya menghadap jalan raya. Jendelanya cukup besar dan bisa terbuka dengan lebar. Tapi jadinya bisa bahaya kalau nginap sama anak kecil. Si anak bisa naik dan buka jendela, melongok keluar sampai mengeluarkan kepalanya. Kemarin hampir aja Khal nyeplos karena terpeleset dari bangku. Aduh ngeri pokoknya. Kalau ngga buru-buru ditangkap, Ya Allah bisa keluar dari jendela deh. Semoga pihak hotel lebih aware juga ya, sama kondisi jendela yang cukup besar ini.

Kamarnya beralaskan karpet tebal di bagian kasur hingga ujung. Cukup hangat jadinya. Anak-anak juga jadi lebih nyaman main di bawah karena empuk ada karpet tebal.

Ada televisi dengan channel lokal sebagai hiburan. Seperti biasa, anak-anak hobinya ya nonton kartun kaya upin ipin, dan itu cukup bikin mereka anteng.

Fasilitas 

Walau kamarnya ngga terlalu besar, tapi fasilitas yang didapatkan cukup lengkap. Ada air mineral 2 botol, kopi, krimer, gula, dan teh. Ada teko elektrik buat panasin air kalau butuh air panas. 

Hotel Serela Merdeka Bandung

Di kamar mandi, toiletries yang diberikan cukup lengkap. Yang kerennya tuh, untuk sabun dan samponya itu wangi banget. Ngga kaya sabun sampo yang diberikan hotel pada umumnya, yang cuma sebotol kecil. Nah, di Serela ini sabun samponya khusus yang enak banget pokoknya pas dipakai. Untuk shower, tersedia air hangat yang bisa digunakan. Untuk closet, sempat bermasalah ngga bisa nge-flush. Jadi kudu nampung air dulu supaya bisa nyiram.

Disediakan handuk 2 lembar tiap kamar dan suprise, handuknya wangi. Aduh enak banget dipakai. Tisu toilet juga disediakan. 

Ada 2 slipper juga yang diberikan tiap kamar. Penting juga slipper ini, karena terpakai banget buat masuk ke kamar mandi, sekadar ke lobby hotel, atau dipakai pas ke resto buat sarapan.

Untuk kamar yang saya pesan, sudah include sarapan buat 2 orang. Menu sarapannya variatif dan cukup enak. Hari pertama dan kedua menginap, sarapannya pun beda menu. Hari pertama menginap, ada menu nasi goreng kari, capcay, kwetiau goreng. Ada bubur ayam, bubur kacang ijo, buah, salad, sereal, susu dingin, kopi, teh, dan roti.

Hotel Serela Merdeka Bandung

Di hari kedua, disediakan pasta pene, kailan garlic, bakso cuanki, bubur ayam, sereal, buah, salad, dan roti-roti. Bisa pesan omelette, telur mata sapi, atau telur rebus ke petugas resto. Jujur, walau makanannya tidak yang banyak banget, tapi rasa makanannya, enak-enak semua. Puas jadinya.

Untuk additional breakfast, anak di atas 5 tahun dikenakan charge 40 ribu rupiah, sedangkan untuk dewasa 80 ribu rupiah. Kalo menurut saya sih, cukup worth it dengan menu yang disediakan.

Hotel Serela Merdeka Bandung

Ada yang menarik di lobby. Karena, ada akuarium besar yang diisi dengan alligator fish. Ikan besar yang mirip dengan buaya. Kalau saya sih serem ngeliatnya, tapi anak-anak mah malah seneng.

Rate 

Saat memesan kamar di Serela Merdeka Bandung ini, saya dapat rate 480 ribu per malam. Booking lewat OTA dan ada potongan harga juga. Saya menginap 2 malam di Serela Merdeka Bandung ini. 

Harga per kamar sangat tergantung dari tipe dan momen ya. Kalau lagi peak season, sudah pasti harganya jauh lebih mahal. Tapi kalau booking nya weekday dan bukan hari libur panjang, bisa lebih murah. Kalau mau bandingkan harga, bisa coba booking lewat websitenya di sini. Biasanya, suka lebih murah daripada di OTA. Cuma ya kadang, untung-untungan aja sih. 

Hotel Serela Merdeka Bandung

Untuk rating, hotel Serela Merdeka Bandung ini, saya bisa berikan rate 4/5 ya. Minus karena ngga ada kolam renangnya aja sih. Karena kalau bawa anak staycation tuh, pengennya yang ada kolam renangnya. Tapi ya ga papa, selebihnya, kamar dan fasilitas yang lainnya sudah oke banget. 

Baca Makan Malam di Boemi Mitoha

Next time ke Bandung lagi, kira-kira nginep daerah mana lagi ya?  :) 



📍Serela Merdeka Bandung 

Jl. Purnawarman No.23, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

Comments

Most Wanted