Skip to main content

Hal-Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Menginap di Hotel

Dulu, sebelum jadi blogger, jarang banget bisa staycation di hotel. Paling, kalau pas family gathering dari kantor suami aja. Itupun hanya sekali setahun. Atau paling, saat ngajak mama papa liburan, baru deh bisa menginap di hotel. Itupun kan pas momen lebaran aja.

Hotel Serela Merdeka Bandung

Nah, sejak fokus jadi blogger, kesempatan buat staycation jadi terbuka lebar sekali. Baik staycation karena event blogger, review, sampai ya memang pengen ajak anak-anak menginap setelah gajian dari blogger turun. Happy banget anak-anak kalau sudah di sounding bakal diajak staycation, apalagi kalau staycation nya di luar kota. Makin excited aja deh mereka.

Momen menginap di hotel yang paling memorable, ketika saya terpilih jadi salah satu blogger Indonesia yang diundang ke Malaysia Fashion Week, tahun 2016 yang lalu. Menginap selama 5 malam di Seri Pacific Hotel, Putra Jaya Malaysia. Rekor banget bisa menginap di hotel selama itu. Karena biasanya tuh paling 1-2 malam aja. Kalau di luar negeri, paling lama ya hanya 3 malam. 


Benar-benar rezeki banget bisa kerja as blogger, diberikan full service pula. Ah, jadi pengen diundang lagi ke Malaysia ;)

Menginap di beberapa hotel, baik di Indonesia, maupun di luar negeri, membuat saya paham, kalau ada etika dan hal-hal apa aja yang boleh dan ngga boleh dilakukan ketika menginap di hotel. Di postingan kali ini, yang mau saya bahas dulu adalah hal yang boleh dilakukan saat menginap di hotel. Untuk hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menginap di hotel, akan saya tulis di postingan berikutnya ya.

Hal-hal yang boleh dan sebaiknya dilakukan saat menginap di hotel, diantaranya:

1. Booking lewat OTA (Online Travel Agent) atau official website pihak hotel. 

Ini bisa menghindari kita dari hal-hal yang ngga diinginkan. Kalau pesan di OTA, ada jaminan kita bisa dapat kamar yang sesuai dengan pilihan. Harganya pun biasanya lebih murah dan suka ada promo juga.

Booking lewat OTA atau official website hotel, bisa menghindari kita dari risiko penipuan. Karena kedua media boking itu biasanya terpercaya.

2. Check In - Check Out tepat waktu. 

Biasanya, hotel baru bisa mengizinkan kita untuk check in jam 14.00 atau jam 2 siang. Alasannya, karena pihak hotel perlu membersihkan dan merapikan kamar, setelah kamar itu dipakai oleh tamu lain. Sedangkan untuk check out, pihak hotel memberikan waktu hingga pukul 12.00 siang.

Namun, ada banyak hotel yang memberikan kelonggaran. Asalkan konfirmasi terlebih dulu. Misalnya butuh early check in, atau datang sebelum waktu check in, kita bisa hubungi pihak hotel dulu. Kalau memang ada kamar yang available, pihak hotel bisa menyilakan kita untuk masuk.

3. Menggunakan amenities yang disediakan hotel

Amenities ini merupakan fasilitas yang diberikan hotel di tiap kamar. Biasanya berupa toiletries seperti peralatan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, shower cap, sisir, dan lainya yang diberikan. Kalau misal menginapnya 2 malam, kita bisa meminta amenities lagi ke pihak hotel.

Selain toiletries, pihak hotel biasanya juga memberikan kopi, teh, gula, krimer, dan air mineral. Semuanya bisa dipakai karena memang sudah jadi fasilitas yang diberikan oleh pihak hotel.

Handuk, slipper, hair dryer, gelas kumur, teko listrik, biasanya juga diberikan di kamar yang kita booking. 

4. Menjaga barang-barang yang ada di kamar 

Sebagai tamu, sudah selayaknya kita menjaga apa yang ada di kamar hotel. Jangan sampai ada barang-barang yang rusak, karena kalau itu terjadi, kita akan dikenakan denda.

Termasuk menjaga sprei agar tidak kotor. Semisal ngga sengaja kotor, kita bisa segera menginformasikan ke pihak hotel. Kalau kotorannya dianggap ringan dan bisa hilang setelah dicuci, pihak hotel akan memberikan kelonggaran. Yang penting, kalau ada apa-apa, diinformasikan aja ke petugas hotel.

5. Boleh membawa pulang beberapa amenities yang diberikan 

Tolong diingat ya, tidak semua fasilitas yang diberikan di kamar hotel, boleh dibawa pulang. Amenities yang dibolehkan untuk dibawa pulang antara lain: sabun dan sampo yang dikemas dalam botol kecil, sikat gigi dan pasta gigi, sisir, shower cap. Kopi, teh, krimer, teh, dan air mineral botolan. Terkadang ada yang menyediakan kertas catatan dan alat tulisnya, itu boleh dibawa pulang juga. 

Slipper atau sandal hotel juga bisa dibawa pulang. Sandal hotel ini yang biasanya saya incar tiap kali menginap di hotel. Karena suka terpakai juga buat di rumah.

6. Menggunakan fasilitas hotel yang disediakan untuk tamu 

Kalau menginap di hotel yang memiliki fasilitas gym dan kolam renang, biasanya kita diizinkan untuk menggunakan, secara free. Hanya pastikan saja, kita menggunakannya di jam-jam yang memang sudah ditentukan pihak hotel. Jangan coba-coba menggunakan fasilitas tersebut di luar jam operasional. Karena nanti bakal ditegur dan malah bisa mengganggu tamu lain.


Itulah beberapa hal yang boleh dilakukan saat menginap di hotel. Karena hotel adalah public space, kita harus tetap menjaga ketertiban, kebersihan, dan keamanan untuk kepentingan bersama. Jangan sampai, maunya refreshing malah jadi pusing. 

Comments

Most Wanted