Skip to main content

Posts

Showing posts from August, 2024

5 Makanan Padang Favorit, Penggugah Selera

Sebagai orang Minang, saya bangga loh karena Rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Rendang, makanan asli Indonesia, otentik dari Sumatera Barat. Proses memasak rendang juga cukup lama, hingga bisa menghasilkan rendang yang enak.  Dan ngobrolin soal makanan Padang, saya mau share 5 makanan Padang yang jadi favorit dan menggugah selera. Sebenarnya sih banyak makanan Padang yang enak dan jadi favorit saya. Hanya, kebanyakan aja sih kalau harus ditulis semuanya.  1. Dendeng Balado Dari mamah saya tahu, kalau ternyata dendeng balado ini ada jenis, yang basah dan kering. Kalau yang basah, lebih dikenal dengan dendeng batokok. Keduanya sama-sama enak dan bikin nafsu makan jadi meningkat.  Untuk baladonya, diulek kasar dengan campuran cabai merah keriting dan cabai merah besar. Dendeng balado buatan mamah, menurut saya yang terbaik. Karena masakan ibu, memang selalu yang terbaik kan ya. 2. Ikan Asam Padeh Padeh dalam bahas minang, diartikan dengan  'Pedas'. Ja

Makan Siang di Minang Gadang, Resto Padang Modern yang Affordable

Makan siang di Minang Gadang ini karena memang dekat dengan tempat acara, yang saya dan tim sedang create. Letaknya persis di belakang Bank Indonesia. Pertama kali lihat restonya, wah mirip resto Payakumbuah nih. Rumah makan padang, tapi konsepnya modern. Pas saya dan teman datang, agak gimana gitu, takut mahal aja hahaha. Karena dari tempatnya aja udah bagus banget, keliatan mahal. Tapi yaudahlah, karena sudah terlanjur masuk, lanjut aja deh.  Karena saya datang pas jam makan siang, jadi kondisi resto penuh banget. Parkiran udah sesak, bahkan banyak mobil yang di parkir di gedung sebelah resto. Semua area makan, baik yang di dalam, di atas, dan di luar, penuh semuanya. Karena belum kebagian tempat, jadi masuk waiting list dulu. Alhamdulillah, ngga sampai 10 menit nunggu, langsung dapat tempat. Makan Apa di Minang Gadang? Di pintu masuk, ada x banner beberapa menu di Minang Gadang yang recommended. Salah satu yang bikin saya ngiler banget, kerupuk kulit siram kuah gulai.  Kalau yang s

Hal-Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Menginap di Hotel

Dulu, sebelum jadi blogger, jarang banget bisa staycation di hotel. Paling, kalau pas family gathering dari kantor suami aja. Itupun hanya sekali setahun. Atau paling, saat ngajak mama papa liburan, baru deh bisa menginap di hotel. Itupun kan pas momen lebaran aja. Nah, sejak fokus jadi blogger, kesempatan buat staycation jadi terbuka lebar sekali. Baik staycation karena event blogger, review, sampai ya memang pengen ajak anak-anak menginap setelah gajian dari blogger turun. Happy banget anak-anak kalau sudah di sounding bakal diajak staycation, apalagi kalau staycation nya di luar kota. Makin excited aja deh mereka. Momen menginap di hotel yang paling memorable, ketika saya terpilih jadi salah satu blogger Indonesia yang diundang ke Malaysia Fashion Week, tahun 2016 yang lalu. Menginap selama 5 malam di Seri Pacific Hotel, Putra Jaya Malaysia. Rekor banget bisa menginap di hotel selama itu. Karena biasanya tuh paling 1-2 malam aja. Kalau di luar negeri, paling lama ya hanya 3 malam.

[Hotel Review] Hotel Serela Merdeka Bandung, Strategis dan Dekat dengan Pusat Kota

Bandung lagi. Ngga cuma saya yang happy tiap kali ada kesempatan ke Bandung. Tapi, anak-anak juga ngga kalah excited. Ke Bandung kali ini, kami berangkat selepas shalat Isya. Lebih santai dan anak-anak juga bisa sambil istirahat. Jalanan lebih lengang dan ngga sampai 2 jam perjalanan, sudah sampai Bandung. Karena lokasi kerja berada di pusat kota, jadi buat pemilihan penginapan juga ngga jauh dari lokasi kerja. Saya menginap di Hotel Serela Merdeka Bandung. Hotel ini termasuk dalam jajaran hotel di Kagum Hospitality. Selain Serela, saya juga pernah menginap di salah satu hotel dari Kagum, yaitu Banana Inn yang berada dekat sekali dengan Gegerkalong. Hotel Serela Merdeka Bandung ini, lokasinya ngga begitu jauh dari pintu gerbang tol Pasteur. Lokasinya dekat sama Bandung Indah Plaza, Universitas Pasundan, ITB, dan kalau mau ke Dago pun ngga terlalu jauh. Baca Banana Inn, Bandung   Kamar   Saya dapat kamar tipe superior double. Kamarnya ngga terlalu besar, tapi bersih dan nyaman. AC berfu

Menikmati Menu Rumahan ala Imah Babaturan Bandung

Setelah sebelumnya makan malam di Bakso So'un Lodaya, malam berikutnya, saya bareng teman-teman memilih Imah Babaturan buat dinner. Finally, kesampaian juga ke Imah Babaturan lagi. Kebayang-bayang cumi cabe hijaunya yang endeus. Kunjungan pertama ke Imah Babaturan itu yang di Kebon Bibit. Nah, Imah Babaturan punya warung kedua di Tamansari. Saya dan teman-teman datangnya ke Imah Babaturan Tamansari which is warung keduanya. Lokasinya ngga begitu jauh dari Imah Babaturan pertama. Dekat dengan ITB juga. Sayangnya, ngga ada petunjuk kaya papan nama warungnya. Jadi saat itu sempat bolak balik saking ngga keliatan. Please lah, dipasangin papan nama ya teh Anggi, biar ngga pada nyasar gitu ;)  Imah Babaturan yang di Tamansari ini lebih luas, ada area parkir yang cukup luas juga. Kalau yang di Kebon Bibit, parkirnya cuma di pinggir-pinggir jalan aja. Agak sempit pula. Menu Rumahan Imah Babaturan, Bikin Kangen Karena saya mengikuti akun Instagram Imah Babaturan, jadi ya cukup update lah so

Makan Malam di Bakso So'un Lodaya Bandung

Kalau biasanya makan bakso itu siang hari, di Bandung kemarin, saya nyobain Bakso So'un Lodaya buat makan malam. Ini pun sebenarnya karena usul dari salah satu teman. Menurutnya, Baksonya enak dan wajib nyobain buat yang belum pernah, kaya saya. Dalam bayangan saya sih, ya pasti kaya bakso pada umumnya aja. Ngga expect apa-apa juga soal rasanya. Yang penting makan lah ya pokoknya.  Sekitar jam 7 malam kami berangkat dari hotel menuju lokasi Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya. Alhamdulillah, ngga macet. Jadi sekitar 10 menit aja, kami sudah sampai di warung Baksonya. Warung baksonya luas. Ada indoor dan outdoor area juga. Tempat duduknya pun banyak banget. Tapi walau sudah segitu banyaknya tempat duduk, warung bakso ini sering banget penuh. Sampai harus ngantri dulu biar bisa makan di warung baksonya. Bakso Lodaya, Bakso Tanpa Mie Kuning   Kalau kamu biasa makan bakso pakai mie kuning, di Bakso So'un Lodaya ini, kamu ngga bisa nemuin mie kuning. Di Lodaya ini, hanya ada so

Tips Naik Pesawat Bersama Balita Agar Aman dan Terkendali

Pengalaman pertama kali ajak anak naik pesawat itu, tahun 2016. Bawa 3 anak yang 2  diantaranya adalah balita. Ketika di sounding kalau akan naik pesawat, saya benar-benar mempersiapkan mereka supaya ngga terlalu kaget. Mereka sih excited banget. Pesawat yang selama itu hanya mereka lihat di langit, kini bisa mereka naiki. Traveling saat itu, benar-benar jadi pengalaman yang ngga terlupakan sama mereka. Bahkan, Una yang saat itu masih usia 3 tahun, masih ingat dengan jelas ketika diajak naik pesawat. Saat usianya 5 tahun, saya dapat kesempatan lagi buat naik pesawat berdua dengan dia. Karena saya prepare banget sebelum naik pesawat dengan balita ini, jadi saat di pesawat, mereka adem ayem aja. Baca Traveling bareng Anak  Di tulisan kali ini, saya mau berbagi tips naik pesawat bersama balita. Ini based on pengalaman saya ya. 1. Jam Terbang  Ini penting karena kita harus menyesuaikan dengan kondisi anak. Pilih jam terbang dimana anak dalam kondisi fresh seperti pagi hari. Atau bisa juga,

5 Hal yang Perlu Disiapkan Ketika Traveling Ke Negara Non Muslim

Mengutip salah satu quote dari seorang travel blogger, traveling itu ngga boleh mengorbankan iman . Yapp, setuju dan benar banget. Traveling itu harusnya bikin kita lebih dekat lagi sama yang menciptakan dunia dan seisinya ini. Traveling itu harusnya jadi salah satu cara kita bersyukur, bukan malah menjadikan kita kufur. Sejak memutuskan untuk berani traveling ke luar negara, saya tahu pasti bakal ada risiko. Salah satu risikonya ketagihan dan pengen terus traveling. Risiko lainnya, harus bisa beradaptasi dengan negara yang dikunjungi. Apalagi buat traveler muslim yang berkunjung ke negara non muslim. Dimana susah ketemu masjid dan makanan halal. Padahal 2 hal itu jadi hal sangat penting selama traveling.  Selain Singapura, negara non-muslim yang baru saya kunjungi itu Macau, Hongkong, dan Thailand. Kalau di Singapura sih masih gampang cari masjid dan makanan halal, tapi kalau Macau, Hongkong, dan Thailand itu agak tricky dan susah. Yang saya tahu, Macau punya masjid yang letaknya

Makan Malam di Ayam Goreng Sambel Beledag Bandung

Ketemu sama warung makan ini memang pas lagi hunting makanan buat makan malam. Nyarinya ke arah yang dekat dengan lokasi acara esok hari. Karena lokasinya di pinggir jalan banget dan jalanannya pun ngga lebar-lebar amat, jadinya bingung pas mau parkir.  Pas berhenti di depan warungnya, dikiranya mau numpang parkir doang. Lah, langsung ku gas dong, kalo aku pengen makan di lapaknya. Baru deh dipersilakan buat masuk. Dan ternyata, mereka punya area parkir yang cukup luas di bagian dalam. Nama warung makannya, Ayam Goreng Sambel Beledag. Tadinya sih pengen makan tapi ngga ayam gitu. Tapi apa daya, udah jalan sampe ujung, bahkan udah dekat ke tempat acara, belum dapat yang sreg. Sampai akhirnya, yaudah lah ya makan ayam aja. Warung makannya ngga begitu besar. Tapi enak sih, ada area makan di luarnya, jadi adem. Selain jual makanan berat, mereka juga ada booth yang jual gohyong dan cromboloni. Cuma karena lagi pengen makan nasi, jadi ngga sempat nyobain kudapannya. Pesan Apa? Karena menu ut