Skip to main content

[Hotel Review] Weekend Staycation di Urban View Villa Surya Bandung

Sebenarnya, kunjungan ke Bandung Minggu lalu bukan buat liburan sih. Tapi ada kerjaan yang harus dilakukan di Bandung. Karena 3 hari, jadi saya memutuskan buat boyong anak-anak dan suami. Karena si bayi masih ASI, jadi kasian aja kalau ngga diajak. Sayanya juga bisa bengkak kalau si bayi ngga nyusu.

Urban View Villa Surya

Berangkat dari Bekasi hari Jum'at siang menuju Bandung. Kalau tim yang lain sih sudah ada di Bandung sejak Kamis. Karena anak-anak ngga bisa libur sekolah, jadi nunggu mereka pulang sekolah dulu, baru berangkat. Alhamdulillah, perjalanan ke Bandung lancar tanpa macet.

Nah penginapan yang dipilihkan oleh tim Bloggercrony ada di daerah Arcamanik. Cukup jauh dari Kota, tapi Alhamdulillah bisa tau pinggiran Bandung itu kaya gimana. Memang jadi berasa bukan di Bandung sih, karena suasananya kaya di Bekasi aja. Cuma saat itu udara Bandung lagi super dingin kalau pagi. Sempat ngobrol sama warga lokal, udara paginya memang ngga seperti biasanya. Di beberapa titik malah ada yang sampai 15 derajat dinginnya.

Urban View Villa Surya, Penginapan di Antara Pemukiman Warga

Jadi lokasi Villa Surya ini ada di antara pemukiman warga. Depannya kali besar yang cukup bersih, ngga bau sama sekali. Bangunannya pun rumah besar, bukan gedung hotel bertingkat gitu. Konsepnya villa yang nyaman dan kaya berasa di rumah aja.

Front office atau resepsionis ada di bangunan utama. Petugasnya hanya pakai kaos dan celana pendek, lebih kaya akang penjaga villa gitu. No wonder sih karena kan memang kaya rumah aja :) 

Urban View Villa Surya Bandung

Sebelum dikasih kunci kamar, si akang memberikan selembar kertas bukti jaminan. Kita bisa pilih antara deposit 100 ribu, KTP, atau SIM. Saya memilih untuk menjaminkan SIM aja. Karena pernah kejadian lupa ngambil uang deposit saat menginap di hotel di Bandung juga. Sayang banget. Kalau SIM kan Insya Allah ngga bakal lupa ;p

Saya dapat kamar di bangunan sebelahnya dan di lantai 2. Posisinya enak, menghadap ke luar. Jadi dari teras bisa sambil lihat warga lokal yang lalu lalang. 

Urban View Villa Surya Bandung

Urban View Villa Surya Bandung

Tipe kamarnya standar double. Luasnya sih lumayan, anak-anak bisa nyaman main. Si bayi malah bisa muter-muter kasur. Happy banget dia. 

Posisi kamar mandi ada di ujung. Ada wastafel yang cukup besar. Ada lemari besar yang cukup buat taruh tas-tas yang kami bawa. Disediakan hanger juga di dalam lemari. Sayangnya ngga dapat slippers, padahal slippers ini kepakai banget buat ke kamar mandi. 

Oh iya, lantai kamarnya saat kami masuk agak lengket. Entah karena habis dipel atau apa gitu. Tapi ngga kotor sih, cuma rada ngga enak aja pas diinjak.

Fasilitas 

Di kamar yang saya tempati, ada televisi dengan channel lokal aja. Bukan tv kabel yang available channel-channel international. Tapi ya ngga papa, masih bisa nonton Upin Ipin Alhamdulillah. 

Ada teko air yang sudah diisi dengan air mineral, lengkap dengan 2 gelasnya. Sayangnya ngga dapat teh, kopi, gula, krimer. Kalau butuh air panas, tersedia di samping resepsionis. Jadi ya kalau mau ngopi atau bikin teh, harus ke resepsionis dulu buat ambil air panasnya. Kalau kopi dan tehnya ya kudu bawa atau beli sendiri.

Untuk toiletries, ada sampo dan sabun dalam botol kecil. Lalu, ada 2 pasta gigi dan sikat gigi. Handuk juga seperti pada umumnya hotel-hotel lain, diberikan 2 buah.

Untuk pendingin ruangan, berfungsi dengan baik. Karena udara Bandung lagi dingin, jadinya nyalain AC nya dalam suhu yang ngga terlalu dingin. Alhamdulillah, ada fasilitas air hangat di kamar mandi. Jadi, walau dingin, tetap bisa mandi. 

Urban View Villa Surya Bandung

Ada kolam renang yang sayangnya hanya buat dewasa, karena dalam. Kalau anak-anak mau berenang wajib ditemani orangtua dan better pakai pelampung. Khal sama cici berenangnya pun diawasi sama abinya. Jadi aman. Air kolamnya lumayan dingin, tapi heran anak-anak kok ya kuat aja gitu.

Penginapan ini ngga menyediakan sarapan, tapi ada fasilitas food delivery kalau pengen makan. Harganya cukup terjangkau. Tapi kalau mau makan di luar, di ujung jalan kalau malam ada penjual nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan bubur ayam. Kalau pagi, ada nasi kuning, bubur ayam, surabi, dan gorengan plus lontong.

Lokasi penginapan ini dekat loh sama GOR Arcamanik. Suami sempat jogging ke GOR sendirian setelah shalat subuh. Happy banget dia bisa jogging di Bandung.

Untuk rate kamar yang saya tempati itu harganya 280 ribu per malam. Booking lewat tiket(dot)com dan dapat diskon pula.

Baca Review Grand Tjokro Premiere Bandung 

Rating 

Untuk Urban View Villa Surya ini, rating yang bisa saya berikan 3.5/5 ya. Suasana villa nya enak, asri, dan dingin. Berada di tengah pemukiman warga, jadi berasa nginep di rumah saudara gitu. 

Ada sedikit yang bikin kurang nyaman, air di kamar mandi, agak berbau seperti bau besi atau apa gitu. Jadi agak kurang nyaman saat dipakai buat ambil wudhu. Lalu, bisa kali ya tiap kamar diberikan slipper, teh, kopi, krimer, dan gula. Standar aja kan ya.

Walau berada di pinggiran Bandung, penginapan ini penuh loh. Saat saya menginap, malam harinya datang rombongan satu mobil besar, menginap di Villa Surya ini. Artinya, penginapan ini memang sudah banyak yang tahu ya. So far, cukup puas menginap di penginapan ini. Semoga bisa terus meningkatkan kualitas dan pelayanannya. 




📍Urban View Villa Surya

Jl. Cipamokolan Kolot, Cisaranten Endah, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40291


Comments

  1. Walaupun termasuknya daerah pinggiran tapi masih tergolong dekat dengan keramaian ya, Mbak? Contohnya dekat GOR tadi, yang biasanya juga banyak orang jualan di waktu-waktu tertentu jadi bisa sekalian wisata kuliner tipis-tipis.

    ReplyDelete
  2. kalau dibandingkan hotel di Singapura yang baru aku inapin, harganya seperberapanya udah dapat kamar yang luas ya. cuma emang kebersihan hotel-hotel indonesia tuh tetep kurang. Lantai lengket itu kayaknya salah cara ngepelnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Wanted