Skip to main content

Bedanya Nasi Padang dengan Nasi Kapau

Sebagai urang awak a.k.a orang Padang, sejak kecil saya sudah terbiasa banget sama makanan padang. Sejak kecil juga sudah biasa makan pedas, jadi pas gede ya kalau makan harus pedas. Berasa hambar banget kalau makan tapi ngga ada pedas-pedasnya. Cuma saat ini, sudah berkurang sih tingkat kepedasan yang bisa saya makan. Sudah ngga kuat aja perutnya.

Beda Nasi Padang dan Nasi Kapau

Selain nasi padang yang banyak orang suka banget, ada juga nasi kapau yang penggemarnya pun ngga kalah banyak. Bahkan sejak kecil pun saya tahu kalau ada nasi padang dan ada nasi kapau. Papah sering banget ngajak kami buat makan nasi kapau. 

Walau nasi padang dan nasi kapau sama-sama masakan Minang, tapi tau ngga sih perbedaan nasi padang dengan nasi kapau itu apa? Saya sempat nanya-nanya juga ke mamah, sebagai narasumber yang Insya Allah akurat. Berikut, saya rangkum bedanya nasi padang dengan nasi kapau.

Daerah Asal

Kapau ini ternyata adalah nama sebuah desa (nagari) yang berada di kabupaten Agam. Nasi kapau dimasak oleh orang asli Kapau, makanya dinamakan nasi kapau. Kalau orang-orang lokal di Padang, menyebut resto nasi kapau dengan sebutan Rumah Makan Nagari Kapau.

Sedangkan nasi padang, secara umum ya dimasak oleh orang asli Padang. 

Varian Menu 

Nah ini yang bikin nasi kapau beda dari nasi padang. Dari varian menunya, nasi Kapau lebih banyak dari nasi padang. Ada menu yang khas dan hanya ada di rumah makan nasi kapau. 

Menu yang disajikan oleh rumah makan nasi Kapau lebih bervariatif. Yang khas diantaranya ada itik lado mudo, rendang ayam, rendang daka-daka, gulai tambusu. Gulai tambusu adalah usus sapi yang diisi dengan campuran tahu dan telur. Menu ini hanya bisa dijumpai di rumah makan nasi kapau. 

Kalau di rumah makan nasi padang biasanya kita akan dikasih gulai nangka. Sedangkan, di nasi kapau, sayur gulai yang dipakai adalah campuran kol, nangka, dan kacang panjang. Kuahnya kuning, ada taste asam. Itulah yang bikin beda. 

Tata Letak 

Keliatannya agak sepele ya soal tata letak, tapi ini justru jadi ciri khas. Kalau rumah makan nasi padang, meletakkan lauknya dengan cara menyusunnya bertumpuk ke atas, di etalase kaca. Lauk kering diletakkan di bagian atas. Sedangkan yang berkuah diletakkan di bagian bawah. 

Sedangkan untuk rumah makan nasi kapau, lauk diletakkan bertingkat dari atas ke bawah, seperti tangga. Diletakkan sejajar dengan pembeli agar mudah pembeli mudah memilih lauk. Lauk berkuah diletakkan di bagian depan. 

Biasanya penjual berdiri di belakang meja. Lalu, menggunakan sendok panjang yang ujungnya menggunakan batok kelapa, untuk mengambil lauk yang dipilih oleh pembeli. 

Dimana Bisa Ditemukan?

Kalau rumah makan nasi padang banyak banget ya dimana-mana. Mau yang standar or yang premium sekalipun mudah ditemukan. 

Sedangkan untuk lapak atau rumah makan nasi kapau, memang ngga sebanyak rumah makan nasi padang. Kalau yang di Jakarta, nasi kapau bisa ditemukan di Senen. Asli deh, sepanjang jalan dipenuhi sama deretan lapak nasi kapau. Lokasinya ada di dekat flyover, seberang atrium Senen. Malah lokasi itu dijadikan wisata kuliner khas Kapau. Jadi kalau mau cari kudapan atau makanan khas Kapau, bisa langsung aja datang ke Senen ya. 

Gimana, sudah tau ya bedanya nasi padang dengan nasi kapau? Kalau kamu, sudah pernah belum nyobain nasi kapau? 

Comments

Most Wanted