Skip to main content

7 Barang yang Wajib Dibawa Saat Staycation Bareng Anak

Staycation, atau menginap di satu tempat seperti hotel atau villa, jadi salah satu momen quality time buat saya dan keluarga. Bisa dibilang, golden momen karena benar-benar bisa menguatkan bonding di antara kami. Apalagi 2 anak tertua saya ngga setiap hari ada di rumah. Jadi, pas semuanya ada di rumah, maunya tuh pergi kemana gitu. Seringnya sih melipir ke Bandung. Ngga jauh banget dan suasananya enak aja.

Barang yang wajib dibawa saat staycation

Kalau bawa anak staycation, rempongnya memang dua kali lipat. Walau begitu, tetap dibawa happy aja sih. Karena sudah membayangkan serunya pergi dengan formasi yang lengkap. Dari semua anggota keluarga, off course yang paling repot menyiapkan ini itu ya ibunya a.k.a saya. Biasanya sejak malam hari, saya sudah mulai menyiapkan semua keperluan untuk dibawa.Terkadang, kalau lagi banyak banget ya perlu dibawa, saya sampai buat catatan. Biar ngga barang ada yang skip.

Kalau staycation di hotel, ada barang-barang yang biasanya akan selalu saya bawa. Nah, berikut 7 barang yang wajib dibawa saat staycation bareng anak. 

1. Alat Mandi 

Karena saya masih punya balita dan bayi, jadi saya harus banget bawa sabun, shampo, pasta gigi, dan sikat gigi mereka. Karena toiletries mereka kan khusus. Saya juga selalu bawa sabun cair, shampo, pasta gigi sendiri dari rumah. Kalau di hotel kan sabun or shampo itu kadang ngga enak dipakainya. Jadi amannya ya bawa sendiri dari rumah.

2. Skincare Anak 

Lotion, sunscreen, minyak wangi, wajib dibawa juga. Kenapa? Biasanya, kalau memilih hotel buat staycation, saya akan pilih yang ada kolam renangnya. Jadi, anak-anak tuh bisa tambah happy banget bisa berenang sepuasnya. Nah, kalau mau berenang, harus banget pakai sunscreen biar kulitnya tetap terjaga dari paparan sinar matahari. 

Lotion dibawa supaya kulit anak ngga kering. Apalagi kalau AC di dalam hotel full nyala, rentan bikin kulit jadi kering. Kalau perginya ke tempat-tempat yang dingin, lotion membantu banget supaya kulit anak-anak terjaga.

Kalau masih pakai minyak telon, kaya bayi saya, wajib juga dibawa. Buat kakak-kakak yang lebih besar, bawa minyak kayu putih buat dipakai sehabis mandi. Minyak wangi juga boleh dibawa supaya si kecil tetap harum dan enak dicium :)

3. Baju Berenang 

Seringnya memang cari penginapan yang selalu ada kolam renangnya. Makanya, baju renang dan perlengkapan lainnya, selalu masuk di dalam list barang bawaan. Kalaupun penginapannya ngga ada kolam renang, tetap dibawa, karena siapa tahu tiba-tiba ngide bawa anak-anak main ke curug, sungai, atau cari kolam renang sekitar penginapan. Makanya, baju renang wajib deh dibawa saat staycation.

4. Mainan 

Saya selalu sounding ke anak untuk bawa beberapa mainan saat packing. Saya akan meminta anak buat pilih mainan yang simpel aja, lalu dimasukkan ke tas kecil. Jadi, tasnya itu akan dia bawa kemana-mana. 

Ketika bawa anak liburan atau staycation, bawa mainan itu penting banget. Anak kan suka ngga ketebak ya moodnya. Tiba-tiba bisa happy, trus tiba-tiba bisa cranky dan bete sendiri. Kalau ada mainan yang biasa mereka mainkan di rumah, mereka bisa anteng. Bisa mengalihkan perhatian juga. 

5. Cemilan

Ini juga ngga kalah penting. Saya ngga pernah skip bawa cemilan kemanapun, ketika bawa anak. Apalagi pas staycation. Karena anak-anak itu doyan ngemil dan makan, jadi kalo ngga ada cemilan, mereka tuh suka rungsing sendiri. Makanan kan bisa bikin mood yang lagi ngga bagus, bisa lebih baik. 

Cemilannya bebas aja, sesuai dengan apa disuka anak-anak. Bisa buah, biskuit, susu, atau kue-kue. 

6. Alat Makan

Ini penting buat yang masih ada bayi, kaya saya. Kalau mau bikin bubur atau makanan bayi, jadi lebih gampang karena ada tempat buat bikin buburnya. Tapi, walaupun ngga ada bayi, bawa peralatan makan kaya sendok, garpu, piring/mangkok plastik, dan gelas plastik, penting loh. Misal beli makanan dari luar dan mau makan di kamar, aman karena sudah bawa alat makannya. 

7. Tumbler 

Kadang pas di kamar tuh butuh air buat bikin susu, teh, atau makan mie. Dengan bawa tumbler (better tumbler tahan panas) kita ngga perlu bolak-balik masak air di teko elektrik. Apalagi kalau di kamar tuh ngga disediakan teko elektrik, cuma ada dispenser dan itu jauh. Cape dong mondar-mandirnya.

Lagian, dengan bawa tumbler, kita bisa hemat karena ngga perlu beli air mineral kemasan terus. Kan dukung zero waste dong pastinya. Makanya, dengan bawa tumbler, kita bisa jaga lingkungan sekitar juga.

Baca Review Urban View Villa Surya Bandung 

Nah, itulah 7 barang yang wajib dibawa saat staycation. Iya sih, pastinya beda barang-barang yang dibawa staycation antara saya dan kamu. Ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya aja ketika ngajak anak staycation. Semoga referensi ini bisa membantu ya.


Comments

Most Wanted