Skip to main content

5 Makanan Khas Sunda Penggugah Selera

Walau bukan orang Sunda, tapi kalau soal makanan, masakan Sunda jadi salah satu yang best. Selain makanan Padang. Kalau pas pengen makan yang agak berat, makanan Padang, karena kan memang banyak mengandung santan. 

Makanan Khas Sunda

Kalau lagi pengen makan yang light, makanan Sunda pilihannya. Berikut beberapa masakan Sunda yang jadi favorit  dan bisa meningkatkan mood. 

 
1. Sayur Asem

Sayur asam itu isinya beragam sayuran seperti labu, kacang panjang, daun melinjo, jagung. Bumbu yang digunakan juga simpel, hanya bawang, cabe (boleh pakai, boleh tidak), kemiri bakar. Atau kalau mau lebih simpel, pakai bumbu yang sudah diracik aja atau bumbu sayur asam yang instan. 

2. Nasi Tutug Oncom


Awalnya kurang tertarik sama nasi tutug oncom. Tapi, ketika pertama kali nyobain, jadi ketagihan. 

Nasi tutug oncom ini, nasi dicampur dengan oncom. Penampilan nasi tutug oncom ini warnanya agak kurang menarik memang. Buat yang baru pertama kali makan, pasti.

3. Tumis Oncom Kemangi 


Nah, menu makanan Sunda yang satu ini jadi favorit juga. Oncom ditumis dengan bawang merah dan cabe yang sudah dihaluskan. Biasanya saya suka bikin yang pedas. 

Menu ini simpel banget bikinnya. Selain cabe dan bawang, tinggal tambah kemangi segar. Jadi deh oncom kemangi. Menu ini bisa bikin nambah nasi berkali-kali. Di rumah makan masakan Sunda, biasannya suka ada.

4. Nasi Liwet


Nasi liwet ini sering sekali dijadikan menu buat makan bersama, seperti Bancakan. Nais liwet ini nasi yang dimasak dengan potongan bawang, cabe, teri, daun salam yang sudah ditumis. Menghasilkan nasi yang harum dan gurih. Kadang ada yang menambahkan Pete juga biar lebih enak.

5. Sambal Terasi 


The last, salah satu pelengkap tapi bakal ada yang kurang banget, kalau makan masakan Sunda tapi ngga ada sambal terasi. Menu ini bikin selera makan jadi meningkat. Saking ngaruhnya kehadiran si sambal ini.

Untuk membuat sambal terasi juga ngga susah. Bahannya hanya cabai, bawang merah, terasi, dan bisa ditambah tomat kalau ngga mau yang terlalu pedas.


Itu dia 5 makanan khas Sunda yang bisa menggugah selera. Juga, sering kali tersedia di rumah makan khas Sunda. Kalau kamu belum pernah nyobain masakan Sunda, coba deh nyobain. Recommended. 




Comments

Most Wanted