Skip to main content

Tips Mengolah Daging Agar Cepat Empuk

Salah satu yang membuat saya enggan mengolah daging, baik sapi atau kambing adalah susah empuk. Bahkan ketika sudah dimasak lama, tetap keras dan alot. Sebelum tau tips mengolah daging supaya cepat empuk, saya beneran malas sekali buat masak daging. Mending beli jadi deh kalau memang mau makan daging.

Tips Mengolah Daging Agar Cepat Empuk

Walau di rumah juga jarang masak daging, tapi kalau pas ada request mau makan daging, ngga malas lagi buat mengolahnya. Karena sudah tau tips mengolah daging biar cepat empuk, jadi kalau diminta buat masak daging, ya no worry jadinya. 

Ada beberapa tips cara mengolah daging supaya empuk dan enak dimakan. Berikut tipsnya ya : 

1. Bungkus dengan daun pepaya 

Teknik ini pernah saya gunakan ketika mau membuat sate maranggi. Daging dibungkus dengan daun pepaya yang sudah dibersihkan. Bungkus dengan rapat, lalu diamkan sekitar 1-2 jam. 

Daun pepaya memiliki enzim papain, dimana bisa mengurai protein pada daging. Sehingga membuatnya jadi lebih empuk

Setelah itu, daging bisa diolah sesuai selera. Tekstur daging akan lebih empuk dan ketika diolah menjadi makanan, dagingnya lebih mudah dinikmati.


2.  Balur dengan parutan nanas

Cara lain agar daging bisa empuk ketika dimasak adalah dibalur dengan parutan nanas. Gunakan wadah yang bersih, lalu Balur dengan nanas yang sudah diparut. Ratakan, hingga semua bagian daging terbalut sempurna.

Nanas bisa memecah serat daging, sehingga daging bisa lebih mudah empuk. Selain membuat daging jadi empuk, nanas juga bisa menghilangkan bau pada daging. Nah, ini pas buat yang ngga suka daging karena baunya. 

3. Rendam dengan susu 

Cara selanjutnya, untuk membuat daging menjadi lebih empuk, merendamnya dengan susu. Cukup rendam daging dengan cairan susu selama kurang lebih 1 jam. Susu bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Selain membuat daging jadi tidak alot atau keras, susu juga bisa menghilangkan bau yang menempel pada daging.

4. Merebusnya dengan teknik 5 30 7

Teknik memasak 5 30 7 ini sering sekali dipakai oleh banyak ibu. Teknik ini bisa menghemat waktu dan gas juga, jadi lebih hemat.

Cara menggunakan teknik adalah dengan merebus daging selama 5 menit dalam panci bertutup tebal. Setelah 5 menit, matikan api lalu diamkan daging selama 30 menit, tanpa membuka tutup panci. Setelah 30 menit, masak kembali selama 7 menit. Setalah 7 menit, matikan api kompor, lalu sudah bisa diolah menjadi banyak jenis masakan.

Teknik yang menurut saya mudah dan bikin pekerjaan jadi lebih selesai. 

5. Jangan mencuci daging

Tips terakhir adalah jangan mencuci daging ketika ingin diolah. Daging yang terkena air bisa menyebabkan daging menjadi lebih keras dan alot. Untuk daging yang mau segera dimasak, ngga perlu dicuci dulu.  Daging tetap aman ketika akan dimasak, walau tidak dicuci terlebih dulu. 

Itu dia tips mengolah daging agar mudah empuk. Kalau dagingnya sudah empuk, diolah menjadi berbagai macam hidangan pastinya bakal enak. Semoga tipsnya bermanfaat ya. 

Comments

Most Wanted