Skip to main content

Tips Nyaman Liburan Bersama Anak

Liburan sama anak itu seru banget. Walau ngga bisa bohong juga sih kalau repotnya itu ya bisa dua kali lipat. Kalau anaknya banyak kaya say, bisa berlipat-lipat repotnya. Tapi, itu ngga jadi halangan untuk ngajak anak traveling. Selagi ada kesempatan dan rezekinya, langsung aja saya bawa anak-anak traveling. 

Tips Liburan bareng anak

Travelingnya juga biasanya milih yang low budget aja. Karena memang, harus dibagi-bagi dengan keperluan yang lain. Seringnya sih ngajak anak ke Bandung, staycation semalam, terus ke salah satu spot wisata, lalu pulang deh. Walau cuma semalam, tapi anak-anak happy aja biar liburan bareng.

Terus gimana ya, supaya liburan bareng anak jadi nyaman? Nyaman buat anaknya, nyaman juga buat orangtuanya. Nyaman di sini bukan berarti liburan fancy-fancy gitu ya. Ngga selalu yang mewah bisa bikin nyaman, ya kan ya. 

Destinasi Ramah Anak 

Sekarang sih ngga sulit ya kalau cari destinasi wisata yang ramah anak. Referensi atau rekomendasinya banyak di social media. Tinggal pilih yang cocok aja. 

Destinasi ramah anak ini meliputi area yang bebas asap rokok, terdapat playground atau memiliki aktivitas untuk anak, resto atau cafe yang kids friendly, sampai tersedia toilet khusus anak. 

Hindari Spot yang Terlalu Ramai

Destinasi wisata yang viral biasanya bakal dipenuhi oleh wisatawan. Kalau lagi musim liburan kaya sekarang, jadinya pasti bakal padat banget. Makanya, hindari destinasi yang padat. Selain ngga nyaman, anak juga bisa berisiko cranky karena lelah dengan banyaknya orang.

Kalau memang mau ke destinasi wisata yang sedang viral, pilih tanggal atau hari yang kemungkinan tidak banyak orang yang datang, misalnya weekday.

Datang ke destinasi yang terlalu ramai, bukan hanya anak yang ngga nyaman, kita sebagai orang tua ikutan jadi ngga nyaman. Nantinya malah ngga menikmati liburan saking lelahnya dengan kerumunan orang-orang.

Pilih Penginapan yang Nyaman

Kalau liburan sama anak, penginapan yang nyaman memang harus jadi prioritas. Bisa pilih penginapan yang homey, memiliki fasilitas untuk anak, sampai makanan yang sesuai untuk anak. Salah satu hotel yang sangat ramah anak di Bandung, ada Grand Tjokro Premiere Bandung. Mungkin bisa jadi rekomendasi ya.

Jika liburannya ngga ngajak anak sih, fleksibel aja mau menginap di manapun. Tapi kalau sama anak, ya ngga bisa. Harus pilih yang nyaman buat anak. Ngga yang super banget, tapi anak-anak bisa happy aja selagi bermalam.

Lupakan Itinerary 

Sebenarnya, itinerary bagus untuk dibuat sebelum traveling. Dengan itinerary, kita lebih fokus mau kemana dan kemana. Tapi, itinerary ngga harus saklek. Apalagi ketika anak-anak masih belum ngeh kesana dan kesini. Ngikut apa kata orang tua aja.

Tapi, untuk traveling bareng anak, kita harus fleksibel. Ngga perlu bikin jadwal yang ketat seperti itinerary. Paling hanya bikin destinasi wisata apa aja yang sekiranya bisa didatangi oleh anak-anak. Ngga perlu itinerary yang versi lengkap.


Itu dia tips nyaman liburan bareng anak. Kemanapun liburannya, kenyamanan anak tetap harus jadi prioritas ya. 


Comments

Most Wanted