Skip to main content

Rekomendasi Tempat Liburan yang Seru Bareng Anak

🎶 Libur tlah tiba, libur tlah tiba 

🎶 Hore.. hore.. hore...

Rekomendasi tempat liburan

Gimana buibu, udah kemana aja buat isi waktu liburan sekolah anak? Memang ya, bulan Juni selalu punya sensasi sendiri. Agak tegang-tegang gimana gitu ya. Anak-anak liburan sekolah, kalau ngga diajak liburan, even cuma sehari aja, kok rasanya kasian gitu. 

Selain menyiapkan budget buat liburan, kita juga harus menyiapkan budget daftar ulang. Kalau yang anaknya baru masuk, ya berarti menyiapkan uang pangkal, buku, seragam, dan lain-lain. Agak ngeri kalo dipikirin, terutama buat yang anaknya banyank kaya saya. Ehh, bentar deh, kok malah jadi curhat gini sih ;p 

Jadi di postingan kali ini, saya mau kasih rekomendasi tempat liburan bareng anak. Tapi bukan bahas nama-nama tempatnya ya, melainkan, lebih ke spot yang universal aja. Langsung aja ya.

Gunung 

Emang bisa liburan di gunung? Bisa dong. Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bareng anak, buat mengisi waktu liburan sekolah. Beberapa yang bisa dilakukan di gunung, diantaranya :

  • Camping. Kalau ajak anak, kita bisa camping di kaki gunung. Saya pernah camping di kaki gunung putri bareng anak-anak. Tempatnya sangat family friendly dan aman sekalipun kita ngajak bayi atau toodler. Ada banyak camping ground di area kaki gunung.
  • Trekking. Ini juga ngga kalah seru. Kita bisa menjelajah dan naik ke bukit bareng anak. Treknya bisa dipilih sesuai dengan kemampuan anak. Kalau pakai local guide, mereka akan kasih rekomendasi trek yang kids friendly. Kalau treking itu sekadar naik ke bukit atau kaki gunung, istirahat sebentar, lalu turun lagi. Perlu stamina yang fit juga nih sebelum mengajak anak untuk trekking
  • Hiking. Kegiatan ini mungkin lebih cocok buat anak yang lebih besar. Mungkin sekitar usia 10 tahun ke atas. Karena biasanya, medan yang dilalui agak terjal dan menantang. Setelah melewati medan yang memacu adrenalin, baru deh pasang tenda buat bermalam. Ada sih yang cuma nanjak terus turun lagi. Seru banget ngebayangin ngajak anak-anak hiking. Dan ini masih jadi wishlist saya sampai sekarang.

Pantai 


Kalau di Jabodetabek, pantai terdekat mungkin hanya pantai di Ancol ya. Masuknya kudu bayar 25k/orang, belum termasuk biaya parkir mobil. Untuk mobil biaya parkirnya 25k/mobil untuk sekali masuk. Jadi bukan per jam hitungannya.

Ngapain aja di pantai? Bisa main pasir, bisa berenang di dalam garis aman, bisa pasang tenda kecil juga buat sekadar menikmati deburan ombak dan angin pantai.

Kalau ngga mau di pantai Ancol, kita bisa nyebrang ke beberapa pulau yang ada di kepulauan seribu. Ada banyak sekali pulau yang memang sudah dijadikan destinasi wisata, diantaranya : Pulau Tidung, Pulau Bidadari, atau Pulau Untung Jawa. 

Jangan langsung pulang, karena kalau main di kepulauan seribu, better bermalam walau cuma semalam. Bisa menikmati sensasi berlibur di pulau dengan segala fasilitasnya. Ada banyak penginapan atau resort yang bisa jadi pilihan untuk bermalam. 

Taman 


Saya merasakan banget bagaimana Jakarta berubah dan jadi sangat-sangat cantik. Berbagai fasilitas yang tadinya ngga ada atau ngga kepikiran buat ada, ternyata ada. Salah satunya taman kota. 

Jakarta punya banyak banget taman kota. Salah satu yang keren banget menurut saya adalah Tebet Eco Park. Buat mengisi waktu liburan sekolah, bisa banget ngajak anak-anak main di Tebet Eco Park. Ada lintasan lari, ada playground, ada jembatan yang bisa digunakan untuk jalan santai. Enaknya, kalau ke Tebet Eco Park ya sambil olahraga. Karena suasananya asri, adem, dan memang pas buat olahraga.

Selain Tebet Eco Park, ada taman literasi Marta Tiahahu di Blok M. Di taman ini, anak-anak ngga cuma bisa main, tapi bisa sambil baca-baca buku.

Selain dua yang saya sebutkan tadi, masih banyak sekali taman yang bisa jadi spot mengisi waktu liburan sekolah. Mungkin nanti akan saya buat postingan tentang taman di Jakarta ya.

Museum 


Masih di Jakarta, museum yang ada di Ibu Kota ini juga sangat banyak. Sebut aja, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Bahari dan masih banyak lagi. 

Apa yang bisa dilakukan? Kalau di museum artinya liburannya sambil belajar. Belajar tentang sesuatu yang mungkin awalnya anak ngga tahu. Kaya di Museum Bahari, anak bisa belajar sejarah bahari yang ada di Indonesia. Aneka jenis kapal, sampai melihat diorama yang bagus-bagus seputar bahari.


Nah itu dia beberapa area, yang bisa dijadikan spot wisata mengisi waktu liburan sekolah anak. Ada yang low budget, ada yang lumayan juga budgetnya. Tapi, kalau buat menyenangkan anak, rasanya bakal ngga papa walau harus mengeluarkan budget liburan yang agak banyak. Mungkin kita ngga bisa mewariskan harta kaya Raffi Ahmad ke Rafatar, tapi kita bisa meninggalkan kenangan yang ngga akan terlupakan di core memori anak-anak.

Comments

Most Wanted